Pengertian Interface
Interface adalah kumpulan method yang
hanya memuat deklarasi dan struktur method, tanpa detail implementasinya.
Sedangkan detail
dari method berada pada class yang mengimplementasikan interface tersebut.
Interface digunakan
jika ingin mengaplikasikan suatu method yang spesifik, yang tidak diperoleh
dari proses inheritance.
Tipe data yang
boleh pada interface hanya tipe data konstan.
Beberapa perbedaan Interface dan Kelas Abstrak yaitu :
Abstract
class dapat memiliki tipe data dengan semua tipe data, sedangkan interface tipe
datanya hanya berupa konstanta
Method
pada abstract class dapat berupa method kongkrit dan method abstract. Sedangkan
pada interface semua method harus berupa method abstract.
Contoh
GraphicObject.java
abstract
class GraphicObject {
int x,y;
void moveTo(int newValueX, int newValueY)
{
x = newValueX;
y = newValueY;
}
abstract void drawShape();
abstract void resize();
}
Circle.java
public
class Circle extends GraphicObject {
void
resize()
{
System.out.println(“Circle Resize”);
}
void drawShape()
{
System.out.println(“Circle Shape”);
}
void
posisition()
{
System.out.println(this.x+this.y);
}
}
Main.java
public
class
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
Circle Lingkaran = new Circle();
Lingkaran.moveTo(5,5);
Lingkaran.drawShape();
Lingkaran.resize();
Lingkaran.posisition();
}
}
Implementasi Interface dalam Aplikasi
Dalam
membuat aplikasi kita menggunakan berbagai jenis database dengan
Iterface
lebih mempermudah sistem analyst dalam membuat konsep aplikasi, interface mirip
dengan pola atau bisa juga disebut cetak biru aplikasi. Cara kerjanya
adalah berdasarkan prinsip semua proses yang ada di java harus menggunakan
object variabel dari java, jadi yang dikenal adalah object java bukan dari luar.
Interface
tidak berisi perintah kepada system untuk melakukan sesuatu, interface hanya
memetakan apa yang harus dikirimkan dan apa yang diharapkan untuk dikembalikan
Contoh Program
Rabu, 23 Januari 2013
Interface Dalam Java
public class InterfaceSegitiga implements InterfaceBangunDatar {
private double alas;
private double tinggi;
public String getJenis() {
return JENIS;
}
public InterfaceSegitiga(double
alas, double tinggi) {
this.alas = alas;
this.tinggi = tinggi;
}
public double hitungLuas() {
return alas * tinggi * 0.5;
}
public double hitungKeliling() {
return alas * 3;
}
}
public class InterfaceSample {
public static void main(String[]
args) {
InterfaceBujurSangkar obyek1
= new InterfaceBujurSangkar(10);
System.out.println("Jenisnya adalah : "+obyek1.getJenis());
System.out.println("Luas
bujur sangkar dengan sisi 10 = "+obyek1.hitungLuas());
System.out.println("Kelilingnya = "+obyek1.hitungKeliling());
InterfaceSegitiga obyek2 =
new InterfaceSegitiga(5,7.5);
System.out.println("Jenisnya adalah : "+obyek2.getJenis());
System.out.println("Luas
segitiga dengan alas 5 dan tinggi 7.5 = "+obyek2.hitungLuas());
System.out.println("Kelilingnya = "+obyek2.hitungKeliling());
}
}
Hasil
Run :
Jenisnya adalah : Bangun Datar
2D
Luas bujur sangkar dengan sisi
10 = 100.0
Kelilingnya = 40.0
Jenisnya adalah : Bangun Datar
2D
Luas segitiga dengan alas 5 dan
tinggi 7.5 = 18.75
Kelilingnya = 15.0
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0
seconds)
3 komentar:
Makasih Gan Sangat Membantu
bloknya keren
sangat membantu
thanks...
makasih banyak sudah share4
power supply hp
Posting Komentar